Madrasah Aliyah YATPI Godong

Beranda » Program Madrasah » Kurikulum

Kurikulum

A. Struktur Kurikulum

Struktur kurikulum merupakan pola dan susunan mata pelajaran yang harus ditempuh oleh peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Kedalaman muatan kurikulum tiap mata pelajaran dituangkan dalam bentuk Kompetensi (Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar) yang dikembangkan berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan (SKL)

1. Kerangka Dasar Kurikulum

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional  Pendidikan pasal 6 ayat (1) menyatakan bahwa kurikulum untuk jenis pendidikan umum, kejuruan, dan khusus pada jenjang pendidikan dasar dan menengah terdiri atas komponen mata pelajaran, komponen muatan lokal dan komponen pengembangan diri.

Komponen Mata Pelajaran

1)      kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia;

2)      kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian;

3)      kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi;

4)      kelompok mata pelajaran estetika;

5)      kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan.

Cakupan setiap kelompok mata pelajaran disajikan pada Tabel 1.

Tabel 1.   Cakupan Kelompok Mata Pelajaran

No Kelompok Mata Pelajaran Cakupan
1. Agama dan Akhlak Mulia Kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia dimaksudkan untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia. Akhlak mulia mencakup etika, budi pekerti, atau moral sebagai perwujudan dari pendidikan agama.
2. Kewarganega-raan dan Kepribadian kewarganegaraan Kelompok mata pelajaran dan kepribadian dimaksudkan untuk peningkatan kesadaran dan wawasan peserta didik akan status, hak, dan kewajibannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, serta peningkatan kualitas dirinya sebagai manusia.

Kesadaran dan wawasan termasuk wawasan kebangsaan, jiwa dan patriotisme bela negara, penghargaan terhadap hak-hak asasi manusia, kemajemukan bangsa, pelestarian lingkungan hidup, kesetaraan gender, demokrasi, tanggung jawab sosial, ketaatan pada hukum, ketaatan membayar pajak, dan sikap serta perilaku anti korupsi, kolusi, dan nepotisme.

3. Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi pada MA dimaksudkan untuk memperoleh kompetensi lanjut ilmu pengetahuan dan teknologi serta membudayakan berpikir ilmiah secara kritis, kreatif dan mandiri.
4. Estetika Kelompok mata pelajaran estetika dimaksudkan untuk meningkatkan sensitivitas, kemampuan mengekspresikan dan kemampuan mengapresiasi keindahan dan harmoni. Kemampuan mengapresiasi dan mengekspresikan keindahan serta harmoni mencakup apresiasi dan ekspresi, baik dalam kehidupan individual sehingga mampu menikmati dan mensyukuri hidup, maupun dalam kehidupan kemasyarakatan sehingga mampu menciptakan kebersamaan yang harmonis.
5. Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan pada MA dimaksudkan untuk meningkatkan potensi fisik serta membudayakan sikap sportif, disiplin, kerja sama, dan hidup sehat.
Komponen Muatan Lokal

Muatan lokal dimaksudkan untuk mengembangkan kompetensi yang disesuaikan dengan ciri khas madrasah dan potensi daerah, termasuk keunggulan daerah, yang materinya tidak dapat dikelompokkan ke dalam mata pelajaran yang ada

Komponen Pengembangan Diri

Pengembangan diri dimaksudkan untuk memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, dan minat setiap peserta didik sesuai dengan kondisi sekolah.

  1. Struktur Kurikulum

Struktur Kurikulum kelas X

No Mata Pelajaran Kelas X
SEM SEM
I II
1 PEND. AGAMA
a. QUR’AN HADIST 2 2
b. FIQIH 2 2
c. AKIDAH AKHLAK 1 1
d. SKI 0
2 KEWARGANEGARAAN 2 2
3 BHS & SATRA INDONESIA 3 3
4 BHS INGGRIS 3 3
5 BHS ARAB 2 2
6 MATEMATIKA 4 4
7 KESENIAN 1 1
8 PENJASKES 2 2
9 SEJARAH 2 2
10 GEOGRAFI 2 2
11 EKONOMI 2 2
12 SOSIOLOGI 2 2
13 FISIKA 2 2
14 KIMIA 2 2
15 BIOLOGI 2 2
16 TEKNOLOGI INFORMASI 2 2
17 MUATAN LOKAL
A. BAHASA DAERAH 1 1
B. ASWAJA 1 1
18 PENGEMBANGAN DIRI 2* 2*
JUMLAH 42 42

Struktur Kurikulum kelas XI dan XII IPA

No

MATA PELAJARAN

PROGRAM IPA
Kelas XI Kelas XII
SEM SEM SEM SEM
I II I II
1 PEND. AGAMA
a. QUR’AN HADIST 2 2 2 2
b. FIQIH 2 2 2 2
c. AKIDAH AKHLAK 2 2
d. SKI 2 2
2 KEWARGANEGARAAN 2 2 2 2
3 BHS & SATRA INDONESIA 4 4 4 4
4 BHS INGGRIS 4 4 4 4
5 BHS ARAB 2 2 2 2
6 MATEMATIKA 4 4 4 4
7 KESENIAN 1 1 1 1
8 PENJASKES 2 2 2 2
9 SEJARAH 2 2 2 2
10 GEOGRAFI
11 EKONOMI
12 SOSIOLOGI
13 FISIKA 3 3 3 3
14 KIMIA 3 3 3 3
15 BIOLOGI 3 3 3 3
16 TEKNOLOGI INFORMASI 2 2 2 2
17 MUATAN LOKAL
A. BAHASA DAERAH 1 1 1 1
B. ASWAJA 1 1 1 1
18 PENGEMBANGAN DIRI 2* 2* 2* 2*
JUMLAH 42 42 42 42

Struktur Kurikulum kelas XI dan XII IPS

No Mata Pelajaran Kelas XI Kelas XII
SEM SEM SEM SEM
I II I II
1 PEND. AGAMA
a. QUR’AN HADIST 2 2 2 2
b. FIQIH 2 2 2 2
c. AKIDAH AKHLAK 2 2 0
d. SKI 0 2 2
2 KEWARGANEGARAAN /PPKn 2 2 2 2
3 BHS & SATRA INDONESIA 4 4 4 4
4 BHS INGGRIS 4 4 4 4
BHS ARAB 2 2 2 2
5 MATEMATIKA 4 4 4 4
6 KESENIAN 1 1 1 1
7 PENJASKES 2 2 2 2
8 SEJARAH 2 2 2 2
9 GEOGRAFI 2 2 2 2
10 EKONOMI 4 4 4 4
11 SOSIOLOGI 3 3 3 3
12 FISIKA
13 KIMIA
14 BIOLOGI
15 TEKNOLOGI INFORMASI 2 2 2 2
16 MUATAN LOKAL
A. BAHASA DAERAH 1 1 1 1
B. ASWAJA 1 1 1 1
17 PENGEMBANGAN DIRI 2* 2* 2* 2*
JUMLAH 42 42 43 42

* : Beban belajar pengembangan diri disamakan dengan 2 jam mata pelajaran

Lebih lengkap bisa dilihat di


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: