Beranda » Program Madrasah

Program Madrasah

LATAR BELAKANG

Pendidikan merupakan sesuatu yang vital dan fundamen bagi kehidupan. Pembentukan pribadi dan perkembangan peradaban manusia sangat ditentukan oleh perkembangan ilmu pengetahuan. Maka tidak salah jika Islam memulai peradabannya dengan perintah MEMBACA.

Pendidikan pada hakekatnya merupakan proses individuasi anak didik hingga ia mampu berperan dalam masyarakat. Perkembangan yang terjadi menyebabkan dibutuhkannya lembaga pendidikan yang menyediakan jasa pengembangan anak didik hingga kelak mempunyai peran dalam masyarakat.

Ada dua peran yang harus dijalankan lembaga pendidikan sekaligus. Pertama, sebagai “lembaga suci” yang bertugas memberikan pencerahan pada anak didik. Dan kedua, sebagai lembaga ekonomi yang memberikan pelayanan jasa kepada pengguna jasa. Kedua peran itu harus dijalankan seiring sejalan karena keduanya tidak dapat dipisahkan. Masyarakat, sebagai konsumen, akan memberikan kepercayaan kepada lembaga pendidikan yang menyediakan jasa pendidikan yang memuaskan. Kepuasan ini, tentu saja, ada pada perkembangan anak didik.

Globalisasi telah meniscayakan perubahan yang kompleks, termasuk di dunia pendidikan. Kompetisi, rasionalisme, profesionalisme serta disiplin adalah efek globalisasi yang tak dapat diabaikan. Masyarakat yang semakin rasional akan mempunyai banyak pilihan menentukan kepercayaannya kepada lembaga sekolah tertentu yang menawarkan jasa yang bermutu. Begitu banyaknya kompetisi di dunia pendidikan, sehingga mau tidak mau, harus ada perubahan-perubahan yang terus menerus agar sebuah lembaga pendidikan tidak mati tergerus zaman.

YATPI sebagai sebuah yayasan pendidikan telah cukup lama berdiri dan menunjukkan eksistensinya di dunia pendidikan. Meskipun demikian, kepercayaan pada lembaga pendidikan yang sudah tua bisa saja berubah, jika tidak ada perubahan-perubahan yang cukup mampu meyakinkan konsumen bahwa lembaga pendidikan ini menawarkan apa yang dibutuhkan zaman. Karenanya “Bertahan dari zaman dengan melakukan perubahan lebih baik daripada bertahan dengan apa yang ada dan tergerus zaman.”

TUJUAN

Tujuan program pengembangan Mutu sekolah adalah:

1)     Meningkatnya manajemen dan mutu pendidikan

2)     Meningkatnya kinerja pendidik dan tenaga kependidikan

3)     Meningkatnya infrastruktur kependidikan di MA YATPI

4)     Adanya sistem pendidikan yang tersistematis dan berkesinambungan

5)     Meningkatnya kepedulian orang tua terhadap anak didik

6)     Meningkatnya kepedulian masyarakat terhadap pendidikan

7)     Meningkatnya moral anak didik dengan perilaku santun

8)     Meningkatnya prestasi siswa secara akademik

9)     Meningkatnya ketrampilan/ skill anak didik

10) Terbentuknya kemampuan kepemimpinan pada anak didik

SASARAN

Sasaran program kerja ini adalah seluruh stake holder pendidikan, termasuk masyarakat dan wali siswa

PROGRAM DAN GAMBARAN PROGRAM

a)     Perbaikan dan peningkatan manajemen pendidikan

Manajemen pendidikan meliputi kegiatan akademik dan non akademik. Kegiatan akademik meliputi pengelolaan anak didik menyangkut pengkondisian pra-belajar, proses belajar dan pasca belajar. Kegiatan non akademik terkait dengan manajemen peningkatan lembaga

b)     Peningkatan Sarana dan Prasarana

Sarana dan prasarana yang memadai akan mampu meningkatkan prestasi anak didik. Lengkapnya sarana prasarana akan membantu pembelajaran siswa

c)     Adanya konsep kurikulum berbasis Islam

Kurikulum berbasis Islam yang dimaksud adalah tinjauan berbagai disiplin ilmu dengan pendekatan dari sisi Islam, sehingga ada perbedaan antara kurikulum yang ada di MA dan SMA. Program ini membutuhkan waktu dan tenaga yang cukup besar, sehingga dimungkinkan langkah-langkah yang bertahap

d)     Adanya pengembangan metode pembelajaran

Program Pengembangan metode pembelajaran diawali dengan kegiatan supervise dari Madrasah. Supervisi ini dalam rangka mengevaluasi dan meningkatkan kinerja guru, sehingga anak didik lebih menyenangkan dan menguasai dalam pembelajaran

e)     Peningkatan kinerja guru dan karyawan

Pendidik dan tenaga kependidikan berperan sangat penting dalam peningkatan mutu pendiidkan. Masing-masing saling melengkapi karena terkait degan manajemen pendidikan. Dengan peningkatan kinerja ini, guru dan karyawan bisa lebih baik dalam melayani kebutuhan anak didik

f)       Meningkatnya komunikasi sekolah-keluarga

Kerjsama madrasah dan keluarga sangat diperlukan dalam membentuk karakter anak didik. Kerjasama ini mamapu membangun anak didik secara mental khususnya, sehingga anak didik dapat menjadi anak yang memegang teguh nilai-nilai moral

g)     Adanya peran masyarakat dalam pendidikan

Masyakat adalah entitas dinamis yang memegang peran penting dalam hidup atau matinya sebuah lembaga. Kerjasama dan peningkatan kepercayaan terhadap lembaga pendidikan akan memperbesar lembaga pendidikan itu sendiri. Disamping itu, peran masyarakat sangat besar mengingat bahwa perkembangan anak didik –sangat besar—dipengaruhi oleh lingkungan

h)     Peningkatan nilai rapot dan perilaku siswa

Prestasi siswa tercermin dalam nilai dalam rapot. Nilai rapot ini tidak hanya sekedar nilai kognitif saja, tetapi juga afektif dan psikomotorik. Arah pendiidkan yang dimaksud disini kemudian adalah optimalnya kecerdasan-kecerdasan siswa

i)       Peningkatan prestasi siswa

Eksistensi lembaga dan siswa penting untuk ditunjukkan, disamping meningkatkan semangat dan kinerja lembaga, mencapai prestasi tertentu akan membuat lembaga pendidikan dapat meningkat

WAKTU DAN JANGKA PROGRAM

Pelaksanaan program pengembangan mutu madrasah ini membutuhkan waktu yang cukup lama dan berkelnjutan. Meski demikian, program ini menjadi patokan yang nanti sedikit demi sedikit ditingkatkan dan disesuaikan dengan perkembangan zaman

a)     Jangka Pendek

Jangka pendek program pendidikan berlangsung selama satu tahun. Target dari program satu tahun ini adalah

  1. pembangunan internal dengan meningkatnya kedisiplinan siswa, guru, karyawan di MA YATPI.
  2. Pembenahan administrasi juga menjadi prioritas pertama sehingga tersedia database yang mudah dan dapat diakses semua orang.
  3. Eksistensi lembaga dengan adanya sosialisasi ke masyarakat tentang MA YATPI

b)     Jangka Menengah

Program jangka menengah ini berlangsung selama tiga tahun. Menargetkan adanya sistem pendidikan yang tersistematis, actual dan mengarusutamakan (mainstreaming) hak anak dan moral. Mainstreaming yang dimaksud dilatarbelakangi oleh dekadensi moral anak yang terjadi pada masa sekarang. Bentuknya adalah pelaksanaan pembelajaran yang menyenangkan, namun punya arahan tertentu sehingga prestasi anak didik dapat meningkat

c)     Jangka Panjang

Program jangka panjang ini dilaksanakan selama satu dekade. Langkah demi langkah dalam pelaksanaan program pengembangan mutu madrasah akan menciptakan

  1. Program pendidikan yang tersistematis
  2. Meningkatnya prestasi akademik dan non akademik siswa
  3. Meningkatnya prestise lembaga pendidikan
  4. Menjadi lembaga pendidikan yang bermutu

MATRIKULASI PROGRAM KERJA

NO PROGRAM KEGIATAN SASARAN TGJWB ALOKASI DANA
Perbaikan dan Peningkatan manajemen pendidikan Penyusunan RAPBM Kamad Kamad
Pendataan Siswa baru Siswa TU
Pendataan alumni Siswa TU, BK
Penyusunan Jadwal Pembelajaran Siswa/ guru Waka kur
Pendokumentasian Kegiatan Madrasah Siswa/ guru/ karyawan TU, waka sis, sarpras
Peningkatan Sarana prasarana Inventarisasi sarana prasarana madrasah TU TU, waka sarpras
Penambahan unit computer Siswa Waka sarpras
Pemasangan jaringan internet dan intranet Siswa Waka sarpras
Penambahan sarana laboratorium IPA Siswa Waka sarpras
Penambahan ruang praktek jahit Siswa Waka sarpras
Adanya konsep kurikulum berbasis Islam Fokus Group discussion Guru Wakakur
Revisi KTSP Guru Wakakur
peningkatan kinerja guru & karyawan TOT untuk guru Guru Wakakur
Supervisi Guru Kamad
Penyusunan rumusan Pembagian tugas dan uraiannya Guru, karyawan Kamad
Pemberian penghargaan pada guru/ karyawan berprestasi Guru Kamad
Internalisasi nilai Guru, karyawan Kamad
Adanya komunikasi sekolah-keluarga Pertemuan intensif dengan wali murid Wali murid wakasis
Adanya peran masy dalam pendidikan Rembug warga Masyarakat Wakasis, wakasarpras
Meningkatnya nilai rapot dan perilaku siswa Optimalisasi peran BK BK Kamad
Pemberian reward & punishment Siswa BK
Optimalisasi media ekskul, & pengembangan diri Siswa BK, seksi-seksi, wakasis
Adanya prestasi yang dicapai siswa Pemberian reward & punishment Siswa Wakasis, BK
Pendisiplinan Siswa Wakasis, BK

PENUTUP

Demikian rancangan umum dari program pengembangan mutu madrasah. Kerjasama lembaga, masyarakat, orang tua, siswa masyarakat dan pemerintah sangat mutlak diperlukan dalam suksesnya program ini.

Godong,     Juli 2009

Kepala Madrasah

Mahbub Al Junaidi, S.Pd.I

——————————————————————————————————————-


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 717 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: